Detail Berita

Wabup Lombok Utara Hadiri Pelatihan Hidroponik Untuk Petani Millenial Menuju Pertanian Modern.

06 Mar 2024 00:00:00 DISKOMINFO
Diskominfo KLU, Kayangan - Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, ST.,M.Eng, hadiri Pelatihan Hidroponik Untuk Petani Millenial Menuju Pertanian Modern. Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram. Bertempat di MJ’s Cafe dan Kids Zone Beraringan, Kec. Kayangan. Rabu, (06/03/2024).
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dosen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram, Dr. Guyup Mahardhian DP, S.TP.,M.SI, Petani Hidroponik Zaelani Sa'ban, S.Hut, Ketua Koperasi Gumi Utara Sejati Nina Hernidiah, S.Hut.
Dalam sambutannya, Wabup Lombok Utara menyampaikan bahwa di Lombok Utara memiliki berbagai macam karakteristik wilayah diantaranya lahan basah dan lahan kering. Pemanfaatan lahan kering dapat membantu dan meningkatkan perekonomian yang luar biasa. Para petani di KLU sudah membuktikan dibeberapa tempat lahan kering sehingga dapat menjadi potensi pertanian yang sangat menjanjikan. Pertanian lahan basah Hidroponik yang mungkin dikarenakan ketersediaan lahan yang layak dipakai (kecil) sehingga bisa dikembangkan dan dimanfaatkan.
" Dengan banyaknya sektor, tentu pelatihan seperti ini bukan hanya kali ini saja, kedepannya dengan karakteristik wilayah masing-masing kita butuh pengetahuan dari Universitas Mataram yang akan mendampingi KLU dengan sharing kegiatan ", ucap Wabup.
Wabup KLU berharap " Kegiatan seperti ini bisa menjadi trigger pemacu khususnya petani di KLU agar bisa lebih A Wear terhadap sektor pertanian. Semoga kegiatan ini bermanfaat, dan kepada Universitas Mataram agar terus melakukan sporting kepada para petani yang ada di KLU ", ucap Wabup.
Sementara itu, Dosen Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram, Dr. Guyup Mahardhian DP, S.TP.,M.SI, menyampaikan bahwa pelatihan hidroponik ini bertujuan untuk mensejahterakan petani kita di Lombok Utara dengan kemandirian pangan mereka sendiri.
Kegiatan hari ini menghadirkan kelompok millenial muda yang Harapannya dapat menjadi petani millenial yang bisa mensejahterakan dan memajukan Daerahnya masing-masing.
Disini hadirlah pemuda yang berkompeten misalkan dari para pengusaha Zaelani Sa'ban, S.Hut, sebagai pengusaha Hidroponik, kemudian Nina Hernidiah, S.Hut sebagai Koperasi yang menjadi Pemasuk ketika sudah mulai produksi.