Detail Berita - PPID Kabupaten Lombok Utara
Detail Berita

Tahun 2022, Perayaan Maulid Adat Bayan Akan Digelar Besar-besaran

25 Okt 2021 01:35:05

Diskominfo KLU, Bayan – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., berencana akan menggelar peringatan Maulid Adat di Kecamatan Bayan lebih besar di Tahun 2022. Hal ini disampaikan Gubernur NTB saat melakukan dialog bersama Masyarakat Adat Bayan pada Perayaan Maulid Adat di Kampu Bale Adat Gubuk Karang Bajo Desa Adat Bayan Beleq, Jum’at (22/10/2021). “Melihat keindahan kekayaan budaya yang kita miliki disini, saya jadi berfikir supaya tahun depan Maulid Adat di Lombok Utara ini kita rayakan besar-besaran,” kata Gubernur NTB yang populer disapa Bang Zul tersebut. 

Untuk mempersiapkan hal itu, Bang Zul meminta seluruh stakeholder terkait dari pemerintah provinsi maupun kabupaten untuk bersinergi merancang sebuah konsep acara yang matang, sehingga nanti mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung mengikuti prosesi Maulid Adat di Kecamatan Bayan. “Katakanlah sekarang bulan Oktober, Oktober 2022 ini disiapkan betul dari sekarang, siapa penanggungjawabnya, berapa budgetnya, apa atraksi yang harus di hidangkan, sehingga betul-betul Lombok Utara, Bayan itu hidup,” pungkas Bang Zul. 

Di kesempatan pertama kalinya mengikuti perayaan Maulid Adat tersebut, Bang Zul berharap kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Lombok Utara khususnya Kecamatan Bayan ini, bisa di packaging dengan menarik. “Saya nggak mau juga setelah kita acarakan besar-besaran orang datang pertama kali disini sekaligus yang terakhir. Jadi perlu dipikirkan dari sekarang edukasinya, apa saja isinya sehingga orang datang itu karena ada sesuatu yang ingin dia cari,” imbuhnya.

 Sementara itu, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH., selaku tuan rumah menyambut baik kedatangan Gubernur NTB bersama seluruh tamu undangan lainnya untuk mengikuti prosesi perayaan Maulid Adat di Kecamatan Bayan itu. “Mudah-mudahan kehadiran bapak (Gubernur NTB_red) akan memberikan semangat kepada masyarakat saya di Kecamatan Bayan dan sekitarnya ini, dalam rangka melakukan Ritual Adat Mulud yang diselenggarakan setiap tahun,” harap Bupati. Sebagai salah satu kabupaten yang menjadi tujuan utama para wisatawan, H. Djohan Sjamsu menyampaikan kepada seluruh masyarakat Adat Bayan dan tamu undangan lainnya, bahwa dalam pembangunan Kantor Bupati Lombok Utara, arsitektur bangunannya akan dipadukan dengan bentuk Masjid Kuno Bayan. “Nantinya arsitektur kantor bupati itu mengikuti bentuk arsitektur Masjid Kuno Bayan, Insyaallah,” paparnya.

 Perayaan Maulid Adat di Desa Adat Bayan Beleq tersebut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng., Kabinda NTB Ir. Wahyudi Adi Siswanto, Kapolres Lombok Utara AKBP Feri Jaya Satriansyah, SH., Unsur TNI, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kabupaten Lombok Utara, serta beberapa tamu undangan lainnya. 

(Yoan)